BAB I
PENDAHULUAN
A. RASIONAL
1. Latar Belakang
Pengembangan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mangacu pada Standar Nasional Pendidikan
(SNP) yang ditetapkan oleh BSNP. Untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan
nasional, SMPN 2 Gunung Talang memiliki Struktur
kurikulum yang berpedoman pada panduan
SNP dan juknis pelaksanaan kurikulum 2013 tahun pelajaran 2014 – 2015. Dari Standar Isi (SI) yang ditetapkan
melalui Permendikbud No 64 Tahun 2013 yang mencakup lingkup materi dan Tingkat kompeyensi yaitu Standar
Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk mencapai kompetensi lulusan dan Permendikbud no 58 Tahun 2014 tentang kurikulum SMP dan struktur kurikulum. Standar Kompetensi
Lulusan (SKL) digunakan
sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik yang meliputi
kompetensi untuk seluruh mata pelajaran dan mencakup ranah sikap,pengetahuan
dan keterampilan. SKL Satuan Pendidikan dikembangkan berdasarkan tujuan Satuan
Pendidikan dan SKL kelompok mata pelajaran idealnya dikembangkan berdasarkan
tujuan dan cakupan muatan dan/atau kegiatan setiap kelompok mata pelajaran, untuk Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar untuk muatan lokal dikembangkan sesuai dengan kebutuhan daerah.
1
|
SMPN 2 Gunung Talang sebagai sekolah pilotting pelaksanaan Pendidikan
Karakter yang diatur oleh peraturan Gubernur Sumatera Barat no 78 tahun 2012
tentang pelaksanaan Pendidikan Karakter. Pelaksanaannya terintegrasi kepada seluruh mata pelajaran dan
juga melaksanakan bimbingan kelompok (mentoring) selama delapan puluh
menit atau dua jam pelajaran (2 jp) di luar struktur kurikulum.
SMPN 2 Gunung Talang juga
melaksanakan pembelajaran kelas unggul dimasing-masing tingkat, pada kelas unggul
dilaksanakan tambahan pembelajaran selama 2 (dua) jam pelajaran (2x40’) setelah
proses pembelajaran pagi selesai, dilanjutkan dengan program Ashar mengaji dan
diakhiri dengan sholat ashar berjemaah.
Pada Standar Penilaian, penetapan Kriteria Ketuntsan Minimal (KKM) teknik
dan instrument penilaian, prosedur penilaian, pelaksanan penilaian ranah
kognitif pisikomotor dan afektif, analisis butir soal pada kondisi idealnya
penilaian dilaksanakan dengan teknik dan instrument yang bervariasi, di SMPN 2
Gunumg Talang semua guru telah melaksanakan penilain pada ranah kognitif dan
afektif namun penilaian pada ranah pisikomotor
belum semua guru yang melaksanakan sesuai dengan apa yang diharapkan. Idealnya pelaksanaan penilaiannya
menggunakan penilaian Autentik, namun belum semua guru yang melaksanakan penilaian
Autentik tersebut karena masih kurangnya kompetensi guru terhadap penilaian
Autentik tersebut.
Potensi dan Karakteristik SMPN
2 Gunung Talang sangat didukung oleh guru-guru profesional yang sudah
berkualifikasi S.2 sebanyak 12,2 %, S.1 sebanyak 83,6 % dan D.III sebanyak 6,1
% dan sudah memiliki sertifikat profesional sebanyak 93,88 %. Guru-guru mengajar mata
pelajaran juga sudah sesuai antara latar belakang pendidikan dengan mata
pelajaran yang di ampu dan semua guru berstatus PNS. Dan tenaga kependidikan
yang dimiliki SMPN 2 Gunung Talang belum memenuhi standart minimal, hanya memiliki dua
orang tenaga administarsi berstatus PNS dan lima orang tenaga honorer. Potensi siswa di SMPN 2 Gunung Talang adalah
heterogen sebab sekolah menerima semua calon siswa pada rayon yang sudah
ditentukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Solok. Untuk
sarana dan prasarana juga mendukung sebagai penunjang pelaksanaan proses
pembelajaran dengan standart minimal dan perlu penambahan ruang untuk labor
bagi mata pelajaran yang membutuhkan selain IPA dan Bahasa.
Kurikulum dikembangkan sebagai
pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta
kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan
peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk
memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang
ada di daerah.
Kurikulum 2013 disusun antara lain
agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :
(a)
belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa,
(b)
belajar untuk memahami pesatnya perkembangan ilmu
pengetahuan dan tehnologi
(c)
belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara
efektif
(d)
belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang
lain,
(e)
belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui
proses belajar pendidikan karakter yang aktif, kreatif, efektif dan
menyenangkan.
2. Dasar
Hukum
Kurikulum 2013,
terselenggara berdasarkan :
1.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
2.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasioanl Pendidikan dan Perubahannya PP No. 32 tahun 2013.
3.
Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
4.
Permendikbud No. 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi
Lulusan
5.
Permendikbud No. 64
tahun2013 tentang Standar Isi
6.
Permendikbud No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum
7.
Permendikbud No. 58 tahun 2014 tentang Kurikulum SMP/MTs
8.
Permendikbud No. 61 tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP)
9.
Permendik bud No. 62 tahun 2014 tentang Ekstrakurikuler
10. Permendikbud No. 63 2014 tentang Kepramukaan
11. Permendikbud No 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran
12. Permendikbud No 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar
13. Peraturan
Gubernur Sumbar no 78 tahun 2012 tentang pendidikan Karakter
14. Peraturan
yang relevan lainnya (Pergub/Perbub/SK Kepsek)
B. VISI SMP 2
GUNUNG TALANG
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak
yang terkait (Stakholders) bermusyawarah, sehingga visi sekolah mewakili
aspirasi berbagai kelompok yang terkait (
guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah), sehingga seluruh perwakilan kelompok tersebut bersama-sama berperan aktif untuk
mewujudkannya. Visi pada umumnya dirumuskan dengan kalimat :
(1) filosofis,
(2) Khas, (3) mudah diingat. Adapun visi SMPN 2 Gunung Talang adalah :
“Bertaqwa, Berkarakter,Berbudaya.Berdayasaing Global dan Berwawasan
Lingkungan”
Visi sebagaimana tersebut di atas,
merupakan bentuk kesadaran
dari SMPN 2 Gunung Talang, bahwa masa depan merupakan sebuah tantangan yang
harus ditundukkan. Tantangan
itu tidak mungkin bisa ditundukkan
begitu saja tanpa adanya persiapan secara matang. Oleh karena itu SMPN 2 Gunung
Talang, sesuai dengan kemampuan yang ada padanya berusaha untuk mempersiapkan
calon generasi penerus tersebut dengan iman, ilmu, akhlak dan ketrampilan.
Indikator Visi :
1.
Terwujudnya perangkat kurikulum dan pembelajaran yang mengintekrasikan Pendidikan karakter, Pendidikan
Lingkungan Hidup yang tepat guna.
2. Terwujudnya
pendidikan yang adil dan merata.
3. Terwujudnya siswa yang berprestasi
Akademik dan non akademik
4.
Terwujudnya pendidikan dengan lulusan yang cerdas,
terampil, ber-Imtaq dan koperatif
5.
Terwujudnya pencapaian kompetensi siswa dalam berlomba
dan bersaing dalam era global
6.
Terwujudnya lembaga yang lengkap sarana dan prasarana
pendidikan
7.
Terwujudnya manajemen yang Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
8.
Terwujudnya sekolah yang melaksanakan Pendidikan Karakter
9. Terwujudnya
Sekolah yang menjaga kelestarian
Lingkungan Hidup
10. Terwujudnya
siswa yang peduli dengan lingkungan,
aturan, norma agama dan adat yang berlaku di sekolah dan di masyarakat
11. Terwujudnya
lingkungan sekolah yang asri serta
berkualitas.
12. Terwujudnya
pencapaian koordinasi, komunikasi yang baik antar sekolah
13. Terwujudnya
kerjasama yang terkendali antara sekolah dan orang tua/wali siswa serta
masyarakat
14. Terwujudnya
pendidikan yang transparan, partisipatif, akuntabel dan efektif berlandaskan
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
Perangkat kurikulum telah mengintegrasikan pendidikan karakter dan Pendidikan
Lingkungan Hidup (PLH) yang disesuaikan pada Kompetensi Inti (KI)/Kompetensi
Dasar (KD) setiap mata pelajaran atau dengan penambahan indikator yang
tergambar pada Silabus, RPP dan Bahan Ajar.
Pelaksanaan PLH dalam upaya menjaga
lingkungan sekolah agar selalu rindang,
bersih dan nyaman.
C. MISI SMP N
2 GUNUNG TALANG
Dalam rangka mencapai Visi Sekolah
sebagaimana diuraikan di atas, maka SMPN 2 Gunung Talang berusaha mengiringinya
dengan segenap usaha yang tergabung dalam Misi SMPN 2 Gunung Talang yaitu :
1
Mewujudkan perangkat kurikulum dan pembelajaran yang
mengintegrasikan Pendidikan Karakter, Lingkungan Hidup yang tepat guna.
2
Mewujudkan pendidikan yang adil dan merata
3
Mewujudkan
siswa yang berprestasi akademik dan non akademik.
4
Mewujudkan pendidikan dengan lulusan yang cerdas,
terampil, ber-Imtaq dan koperatif
5
Mewujudkan pencapaian kompetensi siswa dalam berlomba
dan bersaing dalam era global
6
Mewujudkan lembaga yang lengkap sarana dan prasarana
pendidikan
7
Mewujudkan manajemen yang MBS
8
Mewujudkan sekolah yang melaksanakan Pendidikan Karakter
9
Mewujudkan sekolah yang melaksanakan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
10
Mewujudkan pencapaian siswa yang peduli dengan lingkungan, aturan, norma agama dan adat yang
berlaku di sekolah dan di masyarakat
11
Mewujudkan lingkungan sekolah yang asri serta berkualitas
12
Mewujudkan tercapaiannya koordinasi, komunikasi yang
baik antar sekolah
13
Mewujudkan kerjasama yang terkendali antara sekolah dan
orang tua/wali siswa serta masyarakat
14
Mewujudkan pendidikan yang transparan, partisipatif,
akuntabel dan efektif berlandaskan MBS
D. TUJUAN SMP
2 GUNUNG TALANG
Seiring dengan Visi dan Misi sebagaimana disebutkan di atas, maka tujuan
yang hendak dicapai oleh SMPN 2 Gunung Talang adalah :
a.
Tercapainya standar lulusan berkompentensi lokal dan
global
b.
Memiliki siswa yang berkompentensi di bidang keagamaan.
c.
Memiliki warga
sekolah yang peduli ligkungan
d.
Memiliki lingkungan
sekolah yang asri dan berkualitas
e.
Memiliki tenaga kependidikan yang profesional dan
berkompetensi global
f.
Terpenuhinya fasilitas yang memadai untuk PBM dan
ekstrakurikuler
g.
Memiliki warga sekolah yang berkarakter, berbudaya dan
sopan serta berprilaku baik
h.
Memiliki siswa yang berkompentesi di bidang .
Tujuan sekolah kami tersebut secara bertahap akan dimonitoring,
dievaluasi, dan dikendalikan setiap kurun waktu tertentu, untuk, mencapai Standar
Kompetensi Lulusan (SKL) Sekolah Menengah Pertama yang dibakukan secara
nasioanl, sebagai berikut :
1.
Meyakini, memahami, dan menjalankan ajaran agama yang
diyakini dalam kehidupan.
2. Memahami
dan menjalankan hak dan kewajiban untuk berkarya dan memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
3.
Berfikir secara logis, kritis, kreatif, inovatif dalam
memecahkan masalah, serta berkomunikasi melalui berbagai media
4.
Menyenangi
lingkungan sekolah yang asri dan mengharhai seni
5.
Menjalankan pola hidup bersih, bugar dan sehat sesuai
karakter Bangsa
6.
Berpartisipasi dalam kehidupan sebagai cerminan rasa cinta dan bangga terhadap
bangsa dan tanah air.
Selanjutnya atas keputusan bersama guru dan siswa, SKL tersebut dirinci sebagai profil siswa SMPN 2Gunung
Talang. Profil tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Mampu menampilkan kebiasaan salam, sapa, senyum, sopan
dan santun (5S) dan berbudi pekerti
sebagai cerminan akhlak mulia dan iman taqwa
2.
Mampu berbahasa Inggris secara aktif
3.
Mampu mengaktualisasikan diri dalam berbagai seni dan
olah raga, sesuai pilihannya
4.
Mampu mendalami cabang pengetahuan yang dipilih
5.
Mampu mengoperasikan komputer aktif untuk program
microsoft word, excel, dan desain grafis
6.
Mampu melanjutkan ke SMA/SMK terbaik sesuai pilihannya
melalui pencapaian target pilihan yang ditentukan sendiri
7.
Mampu bersaing dalam kecamatan, kabupaten, propinsi dan
nasional
8. Mampu
memiliki kecakapan hidup personal, sosial, environmental dan pravocasional.
BAB II
MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
A.
Muatan Kurikulum Tingkat Nasional
Berdasarkan hasil Rapat Dinas Hari Rabu tanggal 30 April 2015 yang dihadiri oleh
Komite Sekolah, Pengawas sekolah, majelis
guru, karyawan Tata Usaha dan beberapa orang siswa perwakilan dari Osis serta
mengacu kepada Permendikbud No 64 thn
2013 tentang Standar Isi dan Permendikbud no 58 tahun 2014
maka struktur dan muatan Kurikulum SMPN 2 Gunung Talang adalah sebagai berikut
:
Untuk Kelas VII, VIII dan IX sesuai dengan Struktur Kurikulum 2013
Mata Pelajaran
|
K e l a s
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
KELOMPOK A
1. PAI dan Budi
Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
2. PPKn
|
3
|
3
|
3
|
3. Bahasa
Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
4. Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5. I
P A
|
5
|
5
|
5
|
6. I P S
|
4
|
4
|
4
|
7. Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
KELOMPOK B
8. Seni Budaya
|
3
|
3
|
3
|
9. Penjasorkes
|
3
|
3
|
3
|
10. Prakarya
|
2
|
2
|
2
|
J u m l a h
|
38
|
38
|
38
|
11. PLH
|
1*
|
1*
|
1*
|
12. Pengembangan
Diri/
Pendidikan Karakter
|
2*
|
2*
|
2*
|
Muatan lokal pada struktur di atas merupakan muatan lokal yang dianjurkan
oleh Pemerintah Daerah Tingkat Propinsi
yang telah diatur dengan Pergub dan satu merupakan muatan lokal yang
dibutuhkan peserta didik yaitu Pendidikan Karakter dan Pendidikan Lingkungan
Hidup. Selain itu, perlu juga ditegaskan, bahwa :
·
Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40
menit
·
Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua
semester) adalah 34-38 minggu
7
|
Program intra kurikuler dan ekstra kurikuler di SMPN 2 Gunung Talang
seperti tabel di atas juga dikembangkan dalam program Pengembangan Diri dan
program Pembiasaan. Pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
1.
Upacara Bendera dilaksanakan
hari Senin pukul 07.00 s.d 07.40
2.
Kegiatan Tabliq dilaksanakan
hari Jumat pukul 07.00 s.d 07.40 dilaksanakan secara bergilir perkelas selama 40 menit
3.
Kegiatan Pendidikan Karakter
dilaksanakan hari Sabtu pukul 07.40 s.d 09.00 yang pelaksanaannya secara Bimbingan Kelompok dan termasuk
program Drop Everiting And Read ( DEAR ), dibimbing langsung oleh wali kelas dan guru
pendamping wali kelas
4.
Kegiatan Operasi Semut
dilaksanakan setiap hari Rabu dan Sabtu selesai PBM selama 5 menit
5.
Sholat
Zhuhur berjemaah dilaksanakan setelah pembelajaran selesai,dan sholat Dhuha
dilaksanakan secara perorangan / berjamaah.
6.
Selain
kegiatan tersebut di atas ada program yang dilaksanakan secara berkala
yaitu : drum band,pramuka, PMR, pidato adat dan kesenian Nusantara.
7.
Krida
(penampilan bakat) dilaksanakan 1 x dalam satu bulan pada hari Sabtu pukul
07.00 s.d 09.00, dan Bimbingan kelompok kecil ditiadakan
8.
Pendidikan Lingkungan Hidup
dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan selama 40 menit (jp) setiap
minggu.
Tujuan dari masing-masing program tersebut adalah : Program DEAR adalah
untuk menumbuh kembangkan dan meningkatkan minat baca siswa khususnya, warga
sekolah pada umumnya, Tabliq Jumat adalah untuk meningkatkan Iman dan Taqwa
(IMTAQ) serta menumbuh kembangkan dan
meningkatkan bakat minat siswa di bidang keagamaan. Program Pendidikan Karakter (bimbingan kelompok kecil) adalah
salah satu kegiatan pendidikan karakter yang difokuskan pada
kegiatan amal yaumi peserta didik, operasi semut yaitu kegiatan memungut sampah secara bersama dan serentak di lingkungan
sekolah selama 5 menit program ini
bertujuan menjaga dan mengembangkan budaya cinta lingkungan, Krida bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat
peserta didik. Pendidikan lingkungan hidup
merupakan pembelajaran yang bertujuan untuk membiasakan pserta didik peduli
lingkungan baik di sekolah, di rumah ataupun di lingkungan masyarakat.
B.
Muatan KurikulumTingkat
Daerah
1.
Jenis dan Strategi Muatan Lokal
Jenis Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi
yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan
daerah, materinya menjadi bagian dari mata pelajaran. Substansi muatan lokal ditentukan oleh
sekolah, tidak terbatas pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan, tetapi juga mata pelajaran
lainya, Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di SMP. Muatan lokal merupakan mata
pelajaran, sehingga sekolah harus mengembangkan Kompetensi Inti dan Kompetensi
Dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan. Sekolah dapat
menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester, atau dua
mata pelajaran muatan lokal dalam satu tahun.
Jenis muatan Lokal yang dilaksanakan di
SMPN 2 Gunung Talang adalah :
Ø Pendidikan Lingkungan Hidup ( PLH )
Secara
keseluruhan muatan lokal sudah terintegrasi dalam mata pelajaran Kelompok B,
yaitu Seni Budaya, Penjasorkes dan Prakarya sesuai dengan KD – KD yang ada.
Pendidikan Lingkungan Hidup
Disamping mata pelajaran Seni Budaya dan Penjas Orkes SMPN 2 Gunung Talang juga melaksanakan Pendidikan Lingkungan Hidup
(PLH) dengan waktu 2 x 40’ diluar struktur kurikulum untuk mendukung program Sekolah Adiwiyata dan Sekolah Sehat yang pelaksanaannya 1 x 40’ untuk teori
dan 1 x 40 ‘ untuk praktek, pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan
kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan di sekolah seperti menjaga lingkungan
sekolah tetap BERSIH dan ASRI serta menjajadikan lingkungan sekolah yang SEHAT.
SK / KD Pendidikan Lingkungan Hidup
Untuk
pendidikan lngkungan hidup tahun ini diberikan materi yang sama untuk ke tiga
tingkat
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mendeskripsikan
keragaman lingkungan hidup
|
1.
Menjelaskan pengertian lingkungan hidup
|
|
2. Menjelaskan
manfaat lingkungan hidup
|
|
3. Mengidentifikasi
factor-faktor yang mempengaruhi lingkungan hidup
|
|
4. Mengidentifikasikan
pengendalian lingkungan hidup melalui isu local dan global
|
2. Siswa dapat
melakukan pengolahan sampah dan pembuatan kompos
|
5. Pengolahan sampah
melalui mesin
6. Pembuatan kompos
dengan sederhana
|
C. Pendidikan Kecakapan Hidup dan Muatan
kekhasan SMPN 2 Gunung Talang
1. Pendidikan Kecakapan Hidup
Pengembangan diri adalah kegiatan
yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan
dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta
didik sesuai dengan kondiri sekolah. Kegiatan Pengembagan Diri di bawah bimbingan
konselor, guru atau tenaga pendidikan yang dapat dilakukan antara lain melalui
kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan
kehidupan sosial, belajar dan pengembangan karir peserta didik serta kegiatan
ekstrakurikuler seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni-budaya,
kelompok tim olahraga, dan kelompok ilmiah remaja
1.
Kegiatan Pengembangan Diri terdiri dari :
a.
Kegiatan Rutin
Kegiatan rutin adalah kegiatan yang dilakukan secara reguler baik di
kelas maupun di sekolah. Kegiatan rutin bertujuan untuk membiasakan anak
mengerjakan sesuatu dengan baik seperti : Upacara bendera, Tabliq jum’at pagi,
sholat zhuhur berjamah, pergi ke perpustakan , membaca do’a pagi sebelum
belajar, membaca surat-surat pendek setiap pagi, dan menyiram bunga
b.
Spontan
Kegiatan spontan adalah kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja,
dimana saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Kegiatan spontan bertujuan
untuk memberikan pendidikan pada saat itu juga seperti : Disiplin, sopan santun
dan kebiasaan lainnya
c.
Kegiatan Terprogram
Kegiatan yang diprogramkan dan direncanakan baik pada tingkat kelas,
maupun sekolah, kegiatan terprogram bertujuan memberikan wawasan tambahan pada
anak tentang unsur-unsur baru dalam kehidupan bermasyarakat yang penting untuk
perkembagnan peserta didik, seperti : karya ilmiah remaja, pramuka, seminar/
workshop, olah raga, pembinaan mata pelajaran yang diminati oleh siswa,
Bimbingan dan konseling remaja, jurnalistik, kegiatan seni dan budaya baik
modern maupun tradisional, kunjungan lapangan dan proyek.
2.
Bidang-Bidang pengembangan Diri
Peserta dari pengembangan diri adalah hasil dari penelusuran bakat dan
minat oleh konselor/ guru bimbingan konseling yang bekerja sama dengan Pembina
OSIS melalui pengisian Angket dan Wawancara.
Dalam upaya memfasilitasi bakat dan minat serta kebutuhan keterampilan
dari 782 orang peserta didik SMPN 2 Gunung Talang, maka sekolah menyiapkan
tenaga pembimbing pada bidang-bidang :
a.
Olah raga dan Kesehatan :
1. Sepak Bola
2.
Atletik/Senam
3. Basket
b.
Kesenian 1. Nyanyi/ Musik Contenporer
2. Kesenian
Tradisional
3. Drum Band
c.
Keagamaan : 1. Seni Baca Alqur’an
2. Kasidah dan Rebana
d.
Bahasa 1. English Klub
2. Story
Telling and Speech
3. Jurnalis
dan Mading
4. Puisi dan
MC
e.
PKK 1. Tata Boga
2. Tata Busana dan Menyulam
f. Olympiade 1.OSN
2.O2SN
3. FL2SN
Pada umumnya,
program tersebut dilaksanakan 1 x dalam seminggu pada sore hari Jum’at dan
Sabtu sesuai dengan program masing-masing. Khusus untuk Rohani Islam
dilaksanakan tiap hari pada pagi hari dalam bentuk Tadarussan (membaca surat
pendek) dan juga wirid Jum’at pagi. Program Pembiasaan dilakukan melalui
kegiatan berdo’a sebelum belajar, Tadarussan, Wirid Jum’at dan Upacara.
2.Muatan kekhasan SMPN 2 Gunung
Talang
SMPN 2
Gunung Talang sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi melaksanakan
pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) yang terintegrasi pada setiap
mata pelajaran dan penerapannya dilakukan dengan pembiasaan-pembiasaan yang
menjadi kultur sekolah. Salah satu program yang diunggulkan adalah pembuatan
pupuk kompos, yang digunakan untuk pemupukan bunga-bunga dan tanaman
dilingkungan sekolah dan selanjutnya akan dikembangkan untuk dipasarkan.
Selain
program PLH SMPN 2 Gunung Talang
juga melaksanakan Pendidikan
Karakter,yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang:
§ beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa,
§ berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan
§ menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab
Pendidikan karakter dilaksanakan dengan mengintegrasikan kedalam mata
pelajaran yang tertuang dalam perangkat pembelajaran.Pelaksanaan pendikar
tersebut selain dalam PBM juga dilaksanakan dalam eksrakurikuler dan pembiasaan-pembiasaan serta bimbingan kelompok kecil.
Pembiasaan – pembiasaan yang dilaksanakan dan menjadi Budaya adalah :
1. Melaksanakan Budaya 5 S (Senyum,Sapa,
Salam,Sopan dan Santun ), dibiasakan dengan menunggu siswa datang disekolah
dipagi hari
2. Melaksanakan Upacara bendera setiap hari
Senin dan hari- hari Besar Nasional
3. Melaksanakan Tablig Jumat
4. Melaksanakan Sholat Dhuha
5. Melaksanakan Sholat Zhuhur berjamaah (
seluruh warga sekolah )
6. Melaksanakan Puasa sunat bersama satu kali
sebulan setiap hari Kamis pertengahan bulan Hijriah
7. Menjaga ke Asrian dan kebersihan
Lingkungan Sekolah
8. Melaksanakan PBM yang religius yaitu :
Diawali dengan mengucapkan
salam dan dilanjutka dengan membaca ayat suci Alquran beserta sari
tilawahnya,Zikir dan membaca Asmaul Husna,diakhiri dengan mengucapkan Hamdalah
Untuk pembiasan yang no 2
ditetapka sebagai berikut :
Hari Senin : Membaca Ayat suci Alquran beserta sari
tilawahnya/ Tadarus
Hari Selasa :
Membaca Asmaul Husna
Hari Rabu
: Berzikir
Hari Kamis :
Tadarus
Hari Jumat :
Senandung Indah
Hari Sabtu :
Berzikir
9. Kegiatan Bimbingan Kelompok Kecil /
Mentoring setiap hari Sabtu serta kegiatan DEAR
10. Melaksanakan Kegiatan Annisa dua kali
dalam sebulan,setiap hari Jumat pada pukul 12.00,dan Kegiatan Arijjal setiap
hari Sabtu pada pukul 12.00
11. Kegiatan Majelis Taklim
12. Melaksanakan kegiatan Krida satu kali
sebulan pada hari Sabtu setelah PBM selesai,dan pelaksananya digilir per
tingkat.
13. Melaksanakan Ashar mengaji yang
dilanjutkan dengan sholat Ashar berjamaah.
14. Melakukan Anjangsana/kunjungan ke Panti
Asuhan/Panti Jompo dan atau ke Rumah sakit satu kali dalam satu semester yaitu
pada akhir semester
15. Melaksanakan program peduli siswa
SMPN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok memiliki beberapa keunggulan
sekolah, antara lain :
1)
Adanya sebuah sistem yang mengharuskan setiap guru mata pelajaran untuk mengaitkan
mata pelajaran tersebut dengan kebesaran Allah SWT. Hal ini diharapkan dapat
menumbuhkan kesadaran siswa akan kebesaran Allah SWT.
2)
Kegiatan lain yang diselenggarakan di SMPN 2 Gunung
Talang direfleksikan dalam bentuk kegiatan pengembangan diri baik yang berupa
pembiasaan maupun kegiatan pengembangan potensi, bakat dan minat siswa.
3)
Memiliki kelas olahraga dengan unggulan Bola kaki dan Atletik
4)
Adanya kegiatan pengembangan diri English Club dan kegiatan
pembinaan siswa berprestasi dalam bidang sains. Dengan adanya kegiatan ini para
siswa diharapkan termotivasi untuk bisa mengakses segala informasi yang terus
berkembang dalam era globalisasi.
D. KEGIATAN EKTRAKURIKULER
1.Fungsi dan Tujuan Kegiatan Ekstra
Kurikuler
Kegiatan
ektrakurikuler dilaksanakan sesuai dengan Permendikbud No 62 tahun 2014 tentang
kegiatan ekstrakurikuler pendidikan dasar dan menengah, kegiatan ekstrakurikuler
yang dimaksud adalah kegiatan ektrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan.
Tujuan dari kegiatan ektrakurikuler ini
adalah untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian,
kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal dalam rangka mendukung
pencapaian tujuan pendidikan nasional. Artinya dengan kegiatan ekstrakurikuler diharapkan dapat meningkatkan
kemampuan pengetahuannya (knowledge), keterampilannya (psikomotor) dan sikap
peserta didik.
Fungsi dari kegiatan ini adalah membina dan
menyalurkan bakat, minat, kemampuan, dan menyalurkannya sesuai potensi yang
dimiliki peserta didik.
2.Prinsip Pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler
Pada prinsipnya pelaksanaan kegiatan
kurikuler ini adalah upaya memfasilitasi bakat dan minat serta kebutuhan
keterampilan dari 782 orang peserta didik SMPN 2 Gunung Talang, sehingga
peserta didik dapat memenuhi kebutuhan sesuai dengan bakat, minatnya sendiri.
Prinsip
Pelaksanaan Ekstrakurikuler adalah sebagai berikut :
a.
Bersifat individual, yaitu
kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan sesuai dengan potensi, bakat dan
minat masing-masing peserta didik.
b.
Bersifat pilihan,yaitu
kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan sesuai dengan minat dan diikuti oleh
peserta didik secara sukarela
c.
Terlibat aktif, yaitu kegiatan
ekstrakurikulermenuntut keikut sertaan peserta didik secara penuhsesuai dengan
minat dan pilihan masing-masing peserta didik tersebut.
d.
Menyenangkan yaitu kegiatan
ekstrakurikuler yang pelaksanaannya dalam suasana menyenangkan peserta didik.
e.
Membangun semangat kerja,
yaitu kegiatan ekstrakurikuler yanh dilaksanakan dan dikembangkan dengan
prinsip membangun semangat peserta didik untuk berusaha dan bekerja dengan baik
dan giat.
f.
Manfaat sosial, yaitu kegiatan
ekstrakurikuler yang dilaksanakan dan dikembangkan dengan prinsip menghargai
orang lain, toleransi, kerjasama dan nilai-nilai karakter lainnya.
3. Jenis dan Teknis Pelaksanaan
Kegiatan Ekstrakurikuler
a.Ekstra Kurikuler Wajib :
Kegitan ekstrakurikuler
wajib adalah Kepramukaan artinya setiap peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan Pramuka
No
|
Kegiatan
|
Bidang
Kegiatan
|
Jadwal
Kegiatan
|
Penanggung
jawab
|
1
|
Pramuka
|
Kepramukaan (untuk siswa kelas VII dan VIII)
|
Sabtu (2x40’)
|
Wali Kelas dan pendamping
|
|
|
Pramuka Inti ( regu inti )
|
2 x satu bulan setiap Jumat
Pukul
14.00 s.d 16.00
|
Pembina Pramuka
|
2
|
Ashar Mengaji
|
Wajib untuk siswa kelas VII,VIII Unggul
|
Setiak hari senin s.d Kamis jam 14.45 –
16..
|
Ahmad Syukri.S.Ag.
M.PdI
|
b. Ekstra Kurikuler Pilihan :
Kegiatan
ektrakurikuler pilihan adalah kegiatan ekstra yang disediakan oleh sekolah berupa
kegiatan, Olahraga dan kesehatan, kesenian, keagamaan, bahasa dan pembinaan
akademik. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut :
No
|
Kegiatan
|
Bidang Kegiatan
|
Jadwal Kegiatan
|
Penanggung Jawab
|
1
|
PKS
|
PBB /Paskibra
Keamanan Jalan Raya
|
Disesuaikan dengan jadwal kelas pelaksana
Setiap Pagi , Sebelum jam pelajaran dimulai
|
Bakhtar Rainir,S.Pd, Suhelmi,S.Pd dan Wali Kelas
|
2
|
UKS /PMR
|
Peningkatan pengetahuan peserta UKS, PMR
P3K
|
Sesuai program bidang UKS / PMR
Setiap upacara bendera dan upacara lainnya
|
Zuziar,S.Pd
Dasmed
|
3
|
Olahraga
|
Sepak Bola
|
Setiap hari Senin s.d Kamis untuk kelas olahraga dan Sabtu untuk Tim FC
2 Guntal
|
Asjanua Santuri,S.Pd
Bahktar Rainir,S.Pd
|
|
|
Atletik
|
Setiap hari Senin s.d Jumat pukul 15.00 –
17.00
|
Bahktar Rainir,S.Pd
Ismawati
|
4
|
Kesenian
|
Musik kontemporer
|
Disesuaikan dengan program Tim kesenian
|
Hj.Supriani,S.Pd
|
|
|
Vokal Grup
|
Disesuaikan dengan program Tim kesenian
|
Hj.Nofrida,S.Pd
|
|
|
Seni tradisional (pidato adat, Randai dan
mu sik tradisional)
|
Disesuiakan dengan program Tim kesenian
|
Hj,Nofrida,S.Pd
Von Enggravita,S.Pd
Melki Andri,A.Md
|
|
|
Musik Upacara
|
Disesuaikan dengan jadwal kelas pelaksana
|
Melki Andri,A.Md
|
5
|
Bahasa
|
Menulis cerpen, Puisi dan KIR (Karya Ilmiah
Remaja)
|
Disesuaikan program
|
Novi Wardanti,M.Pd
|
|
|
Story talling dan
Speech
MC
|
Disesuaikan program
|
Hj.Erna Emi,S.Pd
|
6
|
Religi/ Kagamaan
|
Tablig Jumat dengan MSQ, Qasidah dan
Khotbah Jumat
|
Disesuaikan dengan jadwal kelas pelaksana
|
Multi Nazir,S.Ag
Hafnidar.S.Pd
Pembina OSIS dan Wali Kelas
|
Peserta kegiatan ekstrakuler pilihan adalah peserta didik yang memilih
sendiri bidang apa yang diminatinya sesuai dengan bakat mereka masing-masing
melalui pengisian angket oleh pembina OSIS.
Untuk penilaian kegiatan ekstrakurikuler peserta didik dilakukan oleh
pembina dan atau pembimbing secara kualitatif dengan rentangan :
85
s.d 100 = A
70 s.d
84 = B
≤ 69 =
C
Pada setiap kegiatan dan dideskripsikan dalam rapor peserta didik. Pembina dan atau
pembimbing adalah dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di SMPN
2 Gunung Talang yang berkompeten dibidangnya masing-masing.
Pelaporan penilaian dilakukan diakhir semester dengan melaporkan bentuk
kegiatan yang sudah dilaksanakan sebagai berikut :
1.
Pembina / pembimbing melakukan
penilaian secara rutin selama kegiatan
2.
Pembina / pembimbing
melaporkan kepada wali kelas dan tim evaluasi berupa rekap nilai/rata-rata
nilai serta daftar hadir peserta didik selama kegiatan.
3.
Wali kelas mengisikan kedalam
rapor sebagai laporan kepada orang tua / wali siswa.
PENGATURAN
BEBAN BELAJAR
Beban belajar yang diberikan kepada siswa adalah beban belajar yang telah
diatur oleh Permen No. 58 tentang Kurikulum SMP/MTs dan Permendikbud No. 158
Tahun 2014 serta hasil musyawarah guru dan komite sekolah SMPN 2 Gunung Talang
pada Rapat Dinas tanggal 30 April 2015 mengatur beban
belajar sbb :
A. Beban Belajar Sistim Paket
Beban
belajar sistim paket adalah sistim penyelenggaraan program pendidikan yang
peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban
belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur
kurikulum yang berlaku pada satuan pendidikan. Beban belajar setiap mata
pelajaran pada sistam patket dinyatakan dalam satuan jam pembelajaran. Beban
belajar yang telah dirumuskan dalam struktur kurikulum serta alokasi waktu yang
dibutuhkan oleh peserta didik melalui sistim Tatap Muka (TM) dan penugasan
terstruktur (PT) dan Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur KMTT). Semua itu dimaksudkan
untuk mencapai kompetensi lulusan dengan memperhatikan tingkat perkembangan
peserta didik.
Pelaksanakan
pembelajaran sistim paket meliputi :
1.
Kelas VII, kelas VIII dan
kelas IX meLaksanakan kurikulum 2013 dengan 10 mata pelajaran yang meliputi
Kelompok A dengan alokasi waktu 30 jam pelajaran dan mata pelajaran kelompok B
dengan alokasi waktu 8 jam pelajaran dengan jumlah jam per minggunya adalah 38
jam pelajaran serta kegiatan ekstrakurikuler 2 jam pelajaran
2.
Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada
sistem paket dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum SMPN 2
Gunung Talang sesuai dengan petunjuk dari BSNP maka dilakukan penambahan jam
perminggu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia,Matematika, IPS dan Mulok. Hal ini dilakukan karena :
1)
Hasil analisis SK/KD terhadap alokasi waktu dari
masing-masing mata pelajaran.
2)
Mapel tersebut masih perlu pembinaan yang sangat
intensif kepada siswa
3.
Pada kelas VII dan VIII,
Bimbingan konseling (BK) dilakukan secara tatap muka di dalam kelas 2 x 40’ (2
jp) per minggu untuk satu kali pertemuan.
4.
Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur di
SMPN 2 Gunung Talang 0% - 50% dari tatap muka mapel yang bersangkutan
5.
Alokasi waktu untuk praktek, dua jam kegiatan praktek
di sekolah setara dengan satu jam muka ( 40 menit )
6.
Jumlah jam pembelajaran tatap muka perminggu adalah 38
jam pelajaran + 2 Jam pelajaran BK dan 2 jp Pendidikan Lingkungan Hidup
17
|
B. Beban Belajar TM,PT dan
KMTT
Pengaturan beban belajar sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan dapat
dilihat pada tabel berikut :
Tabel
: Pengaturan Alokasi Waktu
Tatap Muka (TM) dan Jumlah jam
secara keseluruhan di SMPN 2 Gunung
Talang
Satuan
Pendidikan
|
Kelas
|
Satu Jam Pemb. TM
( Menit )
|
Jml Jam pemb. Per Minggu
|
Minggu Efektif TA.
|
Jumlah
jam per semester
|
Waktu Pemb.Per tahun
|
Jml.Per Th.Per. Menit
|
SMPN 2 Gn.talang ( reguler)
|
VII, VIII dan IX
|
40’
|
38+ 2
|
34 - 38
|
27.200 –
30.400 menit
|
54.400 – 60.800 menit
|
Sekitar 121.600 menit
|
·
Dapat dijabarkan ke Program Semester
Uraian di atas adalah uraian alokasi waktu untuk TM,sedangkan alokasi
untuk PT adalah ≤ 50% dari TM dan KMTT sesuai dengan kemampuan peserta didik
dan tidak semua KD dapat dijadikan kegiatan KMTT. Kegiatan PT dan KMTT adalah
di luar jam pembelajaran atau di luar jam efektif TM.
C. Beban Belajar Tambahan
SMPN 2
Gunung Talang sebagai sekolah sasaran pelaksanaan Kurikulum 2013 ( sekolah
piloting ) tidak melakukan penembahan jam karena setelah guru menganalisis KI /
KD untuk setiap mata pelajaran telah memenuhi kebutuhan jam tatap muka.
D. Pengaturan Peminatan, Ketuntasan
Belajar, Kenaikan Kelas, Uji Kompetensi dan Kelulusan
1. Peminatan / Penelusuran
minat siswa
Penelusuran minat peserta didik di SMPN 2 Gunung Talang dilaksanakan
setiap awal tahun pelajaran kepada peserta didik kelas IX yang bertujuan agar
peserta didik tersebut dapat menentukan
Sekolah Lanjutan Tngkat Atas mana yang sesuai dengan bakat serta minatnya.
Peminatan ini dilakukan dibawah bimbingan konselor (guru BK),wali kelas dan
guru mata pelajaran.
Mekanisme dan Proses
Peminatan
a.
Sosialisasi tentang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Umum (SMA)
maupun SLTA Kejuruan (SMK), termasuk prospek kedepan dari masing-masing sekolah
tersebut
b.
Pengisian angket
c. Melaksanakan layanan Bimbingan
Konseling :
1). Konseling Masalah diri pribadi peserta
didik
2). Konseling kehadupan sosial peserta didik
3). Konseling masalah belajar peserta didik
4). Konseling Pengembangan Karir peserta
didik
d. Melakukan kunjungan ke SMA dan SMK yang ada
di Sumatera Barat dan sudah di programkan /ditentukan pada awal tahun oleh
konselor dengan pihak sekolah
e. Melakukan Layanan Konseling secara Individual
dan Klasikal
2. Ketuntasan Belajar
Ketuntasan
belajar setiap indikator yang dikembangkan sebagai suatu pencapaian hasil
belajar dari suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100%. Kriteria ideal
ketuntasan untuk masing-masing indikator 80%. Sekolah harus menentukan kriteria
ketuntasan minimal sebagai target pencapaian kompetensi (TPK) dengan
mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik serta kemampuan
sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran. Sekolah secara
bertahap dan berkelajutan selalu mengusahakan peningkatan kriteria ketuntasan
belajar untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal
Berikut ini tabel nilai ketuntasan belajar
minimal(KKM) yang menjadi target pencapaian kompetensi (TPK) di SMPN 2 Gunung
Talang :
Mata
Pelajaran
|
Kelas
VII
|
Kelas
VIII
|
Kelas IX
|
||||||
Ku
|
Nl
|
Kon
|
Ku
|
Nl
|
Kon
|
Ku
|
Nl
|
Kon
|
|
Kelompok A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Pai dan Budi Pekerti
|
B
|
3,12
|
78
|
B
|
3,16
|
79
|
B
|
3,20
|
B+
|
2.
PPKn
|
B
|
3,12
|
78
|
B
|
3,16
|
79
|
B
|
3,20
|
B+
|
3.
B.Indonesia
|
B
|
3,12
|
78
|
B
|
3,16
|
79
|
B
|
3,20
|
B+
|
4.
Matematika
|
B
|
3,12
|
78
|
B
|
3,16
|
79
|
B
|
3,20
|
B+
|
5.
I P A
|
B
|
3,12
|
78
|
B
|
3,16
|
79
|
B
|
3,20
|
B+
|
6.
I P S
|
B
|
3,12
|
78
|
B
|
3,16
|
79
|
B
|
3,20
|
B+
|
7.
B.Inggris
|
B
|
3,12
|
78
|
B
|
3,16
|
79
|
B
|
3,20
|
B+
|
Kelompok
B
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
Seni Budaya
|
B
|
3,12
|
78
|
B
|
3,16
|
79
|
B
|
3,20
|
B+
|
9.
Penjasorkes
|
B
|
3,12
|
78
|
B
|
3,16
|
79
|
B
|
3,20
|
B+
|
10. Prakarya
|
B
|
3,12
|
78
|
B
|
3,16
|
79
|
B
|
3,20
|
B+
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penentuan penetapan KKM untuk setiap mata pelajaran harus melalui analisa
masing-masing Indikator pencapaian dari kompetensi dasar dengan memperhatikan
tiga aspek yaitu : 1) Kompleksitas 2) Daya dukung 3) Intek siswa, KKM KD
diperoleh dari jumlah KKM indikator dibagi dengan banyak indicator , KKM SK atau Kompetensi Inti (KI)
diperoleh dari jumlah KKM KD dibagi dengan banyak KD dan KKM Mata Pelajaran
diperoleh dari jumlah KKM SK / KI
dibagi dengan banyak SK/ KI
Contoh : Penetapan KKM
KD
|
IND
|
KARAKTERISTIK KD
|
DAYA DUKUNG
|
KARATERISTIK PESERTA DIDIK
|
KKM
|
|||||||||||
T
|
S
|
R
|
T
|
S
|
R
|
T
|
S
|
R
|
Rentangan 1 - 100
|
Rentangan 1- 4
|
||||||
50-64
|
65-80
|
81-100
|
81-100
|
65-80
|
50-64
|
81-100
|
65-80
|
50-64
|
Indik
|
KD
|
Mapel
|
Konversi
|
Predikat
|
|||
3.1
|
3.1.1
|
|
80
|
|
85
|
|
|
|
80
|
|
81.67
|
80.6
|
80.12
|
3.20
|
B
|
|
|
3.1.2
|
|
80
|
|
85
|
|
|
|
80
|
|
81.67
|
|
|
|
||
|
3.1.3
|
|
75
|
|
83
|
|
|
|
80
|
|
79.33
|
|
|
|
||
|
3.1.4
|
|
76
|
|
83
|
|
|
|
80
|
|
79.67
|
|
|
|
||
|
3.1.5
|
|
75
|
|
83
|
|
|
|
80
|
|
79.33
|
|
|
|
||
|
3.1.6
|
|
80
|
|
85
|
|
|
|
80
|
|
81.67
|
|
|
|
||
Keterangan : T = Tinggi rentangan
81 - 100
S =
Sedang rentangan 65 - 80
R = Rendah
rentangan 50 – 64
ini adalah untuk Daya Dukung dan Intek Siswa dan untuk Karekteristik KD
T =
Tinggi rentangan 50 - 64
S =
Sedang rentangan 65 - 80
R = Rendah rentangan
81 – 100
Untuk KKM indikator 3.1.1
diperoleh 80 + 85 + 80 / 3 = 81,67
Dan untuk KKM KD =
Dari contoh di atas KKM KD adalah =
81,67 + 81,67 + 79,33 + 79,67 +79,33 + 81,67
6
= 80,6
KKM mata pelajaran =
Untuk pencapaian KKM ideal yang sesuai dengan SNP, SMPN 2 Gunung Talang
melakukan kegiatan Analisis Kebutuhan (Need Assesment ) dari setiap mata
pelajaran sehingga sekolah dapat mengetahui kekurangan dan kelemahan dari
setiap mata pelajaran terutama pada sarana dan prasarana. Dengan demikian
sekolah dapat mengidentifikasi kebutuhan dalam rangka peningkatan pencapaian
KKM Ideal (100%). Untuk peningkatan kebutuhan sarana sekolah menggunakan skala
prioritas dan disesuaikan dengan dana yang tersedia. Serta untuk meningkatkan kompetensi pendidik
pada setiap mata pelajaran dengan melalui kegiatan pengembangan diri guru atau
Pengembangan Keprofesionalan.
E. Kenaikan Kelas
Berdasarkan musyawarah pada Rapat Dinas hari Senin tanggal 16 Juni 2014 di Kuala Lumpur,
serta mempedomani SK Dirjen MENDIKNAS No.12/c/kep/TU/2008 tentang kriteria
kenaikan kelas dan Permendikbud no 104 th 2014 tentang penilaian hasil belajar, maka
diputuskan kriteria kenaikan kelas di SMPN 2 Gunung Talang sebagai berikut :
a.
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua
semester pada tahun yang diikuti
b.
Mencapai tingkat kompetensi pengetahuan (KI 3) dan
keterampilan (KI 4) yang dipersyaratkan, minimal sama dengan KKM, yaitu (B).
c.
Memiliki maksimal dua mata pelajaran dibawah KKM / maksimal
2 ( dua ) mata pelajaran yang tidak tuntas (tidak PKN dan PAI)
d.
Memperoleh
nilai sikap (KI 1 dan KI 2)
minimal B untuk semua mata pelajaran
e.
Kehadiran di kelas mencapai minimal 90 %
f.
Bisa membaca
Alquran
g.
Siswa yang berprestasi dibidang non Akademik dapat
dipertimbangkan jika berakhlak mulia /nilai sikap baik
Penilaian hasil belajar
diawali dengan penilaian proses pembelajaran dengan sistem penilaian otentik yang sesuai dengan Permendikbud no104 th 2014 tentang penilaian hasil belajar.
Penilaian proses dimulai dari
penilaian kelas yang terdiri dari tiga aspek yaitu 1) aspek sikap untuk KI 1 dan KI 2 meliputi penilaian dengan
observasi,penilaian diri,panilaian antar peserta didik/teman sejawat,dan Jurnal 2)Aspek pengetahuan
untuk KI 3 meliputi nilai tugas,nilai ulangan harian,nilai ulanagan tengah
semester (UTS) dan nilai ulangan akhir semester (US) 3). Aspek Keterampilan untuk KI 4 meliputi tes praktik, penilaian porto folio
dan penilaian proyek. Untuk
penilaian tugas dari aspek pengetahuan dan atau aspek keterampilan dilaksanakan minimal 5 (lima) kali dalam
satu semester.
Nilai siswa dalam satu
semester atau nilai rapor (NR) diperoleh dari penilaian kelas (tugas, Ulangan
Harian), nilai tengah semester (TS) dan nilai ulangan akhir semester (NS)
atau kenaikan kelas. Untuk NR disepakati oleh warga sekolah dalam
lokakarya dengan :
1.
Untuk Nilai sikap (KI 1 dan KI
2) adalah :
NA = Observasi + P.Diri + P.Antarpeserta
Didik +Jurnal
Keterangan : Nilai observasi, Penilaian
diri, Penilaian antar peserta didik dan Jurnal yang diambil adalah nilai yang sering muncul (Modus)
2.Untuk Nilai Pengetahuan adalah :
NR = 70%
RT.NK + 15 % NTS + 15% NS
Keterangan :
NK = Nilai kelas /Nilai Proses
(UH,PT dan KMTT)
NTS = Nilai Tengah Semester
NS = Nilai Semester
2.
Untuk Nilai Keterampilan
NA = Nilai Praktik + Nilai Proyek + Nilai Portofolio
3
Keterangan : Nilai yang diambil dari ketiga
penilaian tersebut adalah Nilai Terbaik
Untuk
pelaksanaan Ulangan Harian (UH) dilakukan oleh guru mata pelajaran setelah
melaksanaan proses pembejaran satu Kompetensi Dasar (KD), pelaksanaan UH dalam satu
semester minimal dilakukan tiga kali dalam satu semester. Pelaksanaan Ulangan
Tengah Semester (UTS) dilakukan setelah menyelesaikan beberapa Kompetensi Dasar
dalam bentuk Tes Tertulis dan hasilnya dilaporkan pada tim evaluasi serta waktu
peaksanaannya di tengah semester yaitu pada minggu ke 10. Ulangan Semester
dilakukan diakhir semester setelah menyelesaikan seluruh kompetensi dasar pada
semester tersebut dalam bentuk tes tertulis.
Untuk
pelaporan nilai yang diperoleh peserta didik dilakukan secara berkala atau
telah diprogramkan oleh sekolah yaitu :
1. Pelaporan nilai Tengah Semester, pelaksanaannya satu
minggu setelah pelaksanan Ulangan Tengah semester yang diserahkan kepada orang
tua, dengan
tujuan guru/wali kelas dapat menyampaikan perkembangan peserta didik secara detail baik di bidang akademis
maupun non akademis sehingga diharapkan kerja sama yang baik antara guru dan
orang tua peserta didik.
2. Pelaporan penilain yang diperoleh peserta
didik selama satu semester dilaksanakan setiap akhir semester, pelaporan/buku
rapor juga diserahkan kepada orang tua peserta didik dan penyerahannya satu
minggu setelah pelaksanaan ulangan semester.
3. Pelaporan penilaian proses/penilaian kelas
dilakukan secara insidentil atau dilakukan menurut kebutuhan, situasi atau kondisi
peserta didik yang membutuhkan.
Program Remedial dan
Pengayaan
Sesuai dengan Program Semester bahwa setelah pelaksanaan Ulangan Harian (UH)
maka guru mata pelajaran melakukan analisis UH dan akan ditindak lanjuti dengan
program remedial dan pengayaan yang sesuai dengan hasil analisis.
Pelaksanaan
program remedial dan pengayaan dilaksanakan dengan ketentuan :
4.
Program remedial dilaksanakan
sampai peserta didik mencapai KKM dan minimal dilaksanakan 1 (satu) kali.
5.
Pengayaan dilaksanakan terhadap
siswa yang telah mencapai nilai minimal sebatas KKM.
6.
Akhir kegiatan disusun laporan
F.
UJI KOMPETENSI
Ujian Tingkat Kompetensi
(UTK) merupakan ujian /
pengukuran yang dilakukan oleh sekolah untuk mengetahui pencapaian
tingkat kompetensi meliputi
sejumlah Kompetensi Dasar
yang merepresentasikan Kompetensi
Inti pada tingkat kompetensi tersebut.
Ujian tingkat kompetensi
dilakukan pada kelas VIII
(tingkat 4), dengan
menggunakan kisi-kisi yang disusun oleh Pemerintah. Ujian tingkat
kompetensi pada akhir kelas IX (tingkat
4A) dilakukan melalui UN
Untuk Pelaporkan hasil ujian
Tingkat Kompetensi adalah
kepada orangtua/wali
peserta didik
dan dinas pendidikan.
G.
KELULUSAN
Kelulusan tahun 2016 adalah peserta didik kelas IX yang menggunakan
kurikulum 2013, maka diberlakukan Kriteri sebagai berikut :
a. Kriteria
Kelulusan
Kriteria Kelulusan menurut pasal
72 ayat (1), PP 19/2005 dan POS Penyelenggaraan Ujian Nasional dari BSNP, peserta
didik dinyatakan lulus apabila :
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
2.
Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir
untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia,
kelompok kewarnegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan
kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan
3.
Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu
pengetahuan dan teknologi
4. Lulus Ujian Nasional serta
5. Kelulusan peserta didik ditentukan oleh satuan pendidikan
berdasarkan rapat dewan guru.
Dengan mengacu kepada ketentuan diatas maka peserta didik dinyatakan lulus dari SMPN 2
Gunung Talang setelah memenuhi persyarat berikut, yaitu :
1.
Menyelesaikan seluruh program
pembelajaran
2.
Memperoleh nilai sikap baik /
prilaku minimal baik
3.
Lulus ujian sekolah dan
mengikuti UN tahun 2016
4.
Kelulusan juga
mempertimbangkan kehadiran di kelas mencapai minimal 90 %.
5.
Serta mempedomani POS UN / UAS
pada tahun pelaksanaannya.
Selain dari kriteria diatas siswa
harus mengikuti pelaksanaan Ujian Praktek,Ujian Nasional dan ( UN ),Ujian Akhir
Sekolah ( UAS ).
b.
Mekanisme Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian sekolah
Dalam rangka pelaksanan Ujian
Nasional dan Ujian Sekolah SMPN 2 Gunung Talang melaksanakan beberapa kegiatan
antara lain :
1). Mendaftarkan calon peserta UN
dan US
2). Mensosialisasikan pelaksanaan UN
dan US sesuai POS UN kepada guru,calon peserta UN dan orang tua peserta UN dan US agar memahami
ketentuan serta kriteria kelulusan serta memotivasi peserta UN dan US dalam
menghadapi UN dan US
3). Mensosialisasikan jadwal dan
tata tertib pelaksanaan UN dan US
4). Mensosialisasikan Pengawasan
silang dalam kecamatan pada pelaksanaan UN dan US
5). Menugaskan 24 orang guru sebagai
pengawas silang
6). Menyiapkan perlengkapan UN dan
US seperti :
-
Kokarde Peserta dan pengawas
-
Nomor ,denah peserta,untuk
ruang ujian yang ditempati maksimal 20 peserta UN dan US
-
Buku panduan UN
-
Administrasi selama UN dan US
7). Melaksanakan UN dan US (sesuai
jadwal pada POS) dengan dengan prinsip pelaksanaan yang jujr,objektif dan
akuntabel
8). Menyusun laporan pelaksanaan
serta menyampaikan laporan ke Dinas Pendidikan pemuda dan olahraga kabupaten
Solok -.
Pelaksanaan UAS dan UN dilaksanakan diakhir semester genap bagi siswa kelas
IX dan pelaksanaan UAS lebih dulu dilaksankan kemudian UN dan pelaksanaannya
berpedoman kepada POS UN / UAS tahun 2015 yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Solok
c. Target Kelulusan Sekolah
Prosentase Kelulusan SMPN 2 Gunung Talang pada tahun
2012 adalah 99,50 % dan pada tuhun 2013 yaitu 100% dengan mendapat
peringkat 1 (satu) se Kabupaten Solok dan kelulusan tahun 2014 juga 100 % dan target kelulusan tahun 2015 adalah 100 %.Dan
target nilai untuk setiap mata pelajaran yang di UN kan adalah sebagai berikut:
1. Bahasa Indonesia 8,25
2. Bahasa Inggris 7,20
3. Matematika 6,75
4. I P A 7,00
d. Progam Gerakan Sukses Hasil Ujian Nasional
( GESPHUN )
Untuk
mencapai target tersebut sekolah menyusun suatu program yaitu Program Gerakan
Sukses Hasil Ujian (GESPHUN ).Program Gesphun antara lain :
a.
Melaksanakan tes Diagnostik untuk pemetaan kemampuan peserta didik
b.
Menyusun Program Remedial Khusus untuk kelas IX
c.
Melaksanakan program remedial / belajar tambahan
d.
Melaksankan Try Out (TO) sebanyak 2 (dua) kali
e.
Melaksanakan bimbingan khusus pada peserta didik
f.
Melakukan kunjungan rumah ( home visit ) untuk memantau
kegiatan belajar siswa dirumah.
KALENDER
PENDIDIKAN
A.Permulaan Waktu Tahun
Pelajaran
Dari
hasil musyawarah warga sekolah pada Rapat Dinas hari Jumat tanggal 30 April 2015, dan mengacu kepada edaran
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok tentang petunjuk Kalender
pendidikan, SMP Negeri 2 Gunug Talang menetapkan permulaan tahun ajaran 2015/2016
adalah hari Senin tanggal 6 Juli 2015.
Pada permulaan tahun pelajaran peserta didik yang baru (kelas VII)
diwajibkan mengikuti program Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) selama tiga
hari berturut-turut.
B.
Pengaturan Waktu Belajar Efektif
Tahun
pelajaran 2015/2016 berlangsung dari tanggal 6 Juli 2015 s.d 18 Juni 2016, dengan
perhitungan minggu efektif sebagai berikut :
1.Perhitungan
Minggu Efektif Semester I
NO
|
B U L A N
|
J U M L A H
|
KET
|
||
Minggu
|
Tidak Efektif
|
Efektif
|
|||
1
|
Juli 2015
|
5
|
3
|
2
|
|
2
|
Agustus
|
4
|
-
|
4
|
|
3
|
September
|
5
|
-
|
5
|
|
4
|
Oktober
|
4
|
1
|
3
|
|
5
|
November
|
4
|
1
|
3
|
|
6
|
Desember
|
5
|
3
|
2
|
|
|
J U M L A H
|
27
|
8
|
19
|
|
2.
Perhitungan Minggu Efektif
Semester II
NO
|
B U L A N
|
J U M L A H
|
KET
|
||
Minggu
|
Tidak Efektif
|
Efektif
|
|||
1
|
Januari 2016
|
4
|
-
|
4
|
|
2
|
Februari
|
4
|
1
|
3
|
|
3
|
Maret
|
5
|
1
|
4
|
|
4
|
April
|
4
|
1
|
3
|
|
5
|
Mei
|
4
|
2
|
2
|
|
6
|
Juni
|
5
|
5
|
-
|
|
|
J U M L A H
|
26
|
10
|
16
|
|
3.
Hari-hari efektif belajar
semester I : 108 hari
26
|
Hari-hari efektif belajar
Semester II : 108 hari
Minggu efektif semester II : 18 minggu
C.
Kalender Pendidikan SMPN 2 Gunung Talang T.P 2014/2015
SEMESTER I
NO
|
BULAN/
TANGGAL
|
KELAS
|
KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
|||||||
7
|
8
|
9
|
|||||||||
1
|
Juli
2015
|
|
|
|
Hari efektif 13 hari dan hari
efektif PBM 5 hari
|
|
|||||
|
6 -
8
|
√
|
|
|
Penerimaan daftar ulang peserta
didik baru dan MOPD
|
Panitia PPDB
|
|||||
|
6
|
√
|
√
|
√
|
Tanggal/ Hari pertama sekolah
|
|
|||||
|
6 - 14
|
√
|
√
|
√
|
Kegiatan Ramadhan 1436 H
|
Panitia
Pesantren dan Guru
|
|||||
|
13
|
√
|
|
|
Gebyar Ramadhan
|
Semua
guru
|
|||||
|
14
|
|
|
|
Brifing
|
PimpinanSekolah
|
|||||
|
15 - 25
|
√
|
√
|
√
|
Libur sekitar lebaran
|
|
|||||
|
27 - 31
|
√
|
√
|
√
|
PBM
|
Guru Mapel
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Agustus
2015
|
|
|
|
Hari efektif PBM 26 hari
|
|
|||||
|
1
- 31
|
√
|
√
|
√
|
PBM
|
Guru
Mapel
|
|||||
3
|
September
2015
|
|
|
|
Hari efektif PBM 25 hari
|
|
|||||
|
5
|
|
|
|
Brifing
|
PimpinanSekolah
|
|||||
|
1
- 30
|
√
|
√
|
√
|
PBM
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
7
s.d 12
|
√
|
√
|
√
|
PBM / Perkiraan UH I Semester I
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
28
s.d 30
|
|
|
|
Penulisan Kisi-kisi dan soal Mid Semester I
|
Guru
Mapel
|
|||||
4
|
Oktober
|
|
|
|
Hari efektif PBM 26 hari
|
|
|||||
|
1-3
Oktober
|
√
|
√
|
√
|
PBM
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
3
|
|
|
|
Brifing
|
PimpinanSekolah
|
|||||
|
5 - 10
|
√
|
√
|
√
|
Ulangan Tengah Semester I/MID
|
Panitia
Ujian
|
|||||
|
17
|
√
|
√
|
√
|
Pembagian rapor MID semester I
|
Walas
|
|||||
|
12
– 31
|
√
|
√
|
√
|
PBM
|
Guru
Mapel
|
|||||
5
|
Nopember
15
|
|
|
|
Hari efektif PBM 25 hari
|
|
|||||
|
2
– 7
|
√
|
√
|
√
|
PBM
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
7
|
|
|
|
Brifing
|
PimpinanSekolah
|
|||||
|
9
- 14
|
√
|
√
|
√
|
PBM / Perkiraan UH II Semester I
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
15
– 21
|
√
|
√
|
√
|
Prediksi Pra UN Propinsi
|
PANITIA
Ujian
|
|||||
|
23 – 30
|
√
|
√
|
√
|
PBM
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||
6
|
Desember
15
|
|
|
|
Hri efektif 21 hari,
Hari efektif PBM 4 hari
|
|
|||||
|
1-12
|
√
|
√
|
√
|
PBM / Perkiraan UH III Semester I
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
5
|
|
|
|
Brifing
|
PimpinanSekolah
|
|||||
|
14-19
|
√
|
√
|
√
|
Ujian Semester Ganjil/I T.P 2015/2016
|
Panitia
Ujian
|
|||||
|
21-24
|
√
|
√
|
√
|
Persiapan Rapor dan class meeting
|
Walas
dan OSIS
|
|||||
|
26
|
√
|
√
|
√
|
Penerimaan Rapor semester I T.P
2015/2016
|
Walas
|
|||||
|
28-31
|
√
|
√
|
√
|
Libur Semester I
|
|
|||||
SEMESTER II
|
|||||||||||
7
|
Januari
2016
|
|
|
|
|
|
|||||
|
1-2
|
√
|
√
|
√
|
Libur Semester I
|
|
|||||
|
4
|
√
|
√
|
√
|
Hari pertama sekolah semester II
|
|
|||||
|
5-30
|
√
|
√
|
√
|
PBM
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||
8
|
Februari
16
|
|
|
|
|
|
|||||
|
1-6
|
|
|
√
|
Prediksi Pra UN (TO Sekolah)
|
Panitia
Ujian
|
|||||
|
8-13
|
√
|
√
|
√
|
PBM
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
15-20
|
√
|
√
|
√
|
PBM/Perkiraan UH I Semester II
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
22-30
|
√
|
√
|
√
|
PBM
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||
9
|
Maret 16
|
|
|
|
|
|
|||||
|
1-12
|
√
|
√
|
√
|
PBM
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
14 - 16
|
|
|
|
Penulisan Kisi-kisi dan soal Mid Semester II
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
14
- 19
|
|
|
√
|
Prediksi ujian praktek
|
Panitia
Ujian
|
|||||
|
21-26
|
√
|
√
|
√
|
Ulangan Mid Semester II
|
Panitia
Ujian
|
|||||
|
28-31
|
√
|
√
|
√
|
PBM/Perkiraan UH II Semester II
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
April
16
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
√
|
√
|
√
|
Perkiraan penerimaan Rapor Mid II
|
Walas
|
|||||
|
4
– 9
|
|
|
√
|
Perkiraan UAS 2016
|
Panitia
Ujian
|
|||||
|
11 - 30
|
√
|
√
|
√
|
PBM / Perkiraan UH II Semester II
|
Guru
Mapel
|
|||||
10
|
Mei 16
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2-7
|
|
|
√
|
Prediksi UN
|
Panitia
Ujian
|
|||||
|
9-14
|
√
|
√
|
√
|
PBM
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
16-21
|
√
|
√
|
|
PBM / Perkiraan UH III Semester
II
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
23-28
|
√
|
√
|
|
Ujian Semester II tahun 2014/2015
|
Panitia
Ujian
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||
11
|
JUNI
2016
|
|
|
|
|
|
|||||
|
1
– 3
|
√
|
√
|
|
Persiapan rapor dan class metting
|
Guru
Mapel
|
|||||
|
4
|
√
|
√
|
|
Penerimaan rapor semester II
|
Majlis Guru + TU
|
|||||
|
6
– 18
|
√
|
√
|
|
Libur awal puasa
|
|
|||||
4.
Hari-hari besar / libur Nasional :
-
17 – 18 Juli 2015 : Idul Fitri 1434 H
-
17 Agustus
2015 : Hari kemerdekaan RI
-
24 September 2015 : Hari Raya Idul Adha 1434 H
-
14 Oktober 2015 :
Tahum Baru 1 Muharam 1434 H
-
24 Desember
2015 : Cuti bersama
-
26 Desember
2015 : Hari Raya Natal
-
1 Januari
2016 : Tahun Baru
-
03 Januari 2016 :
Maulid Nabi Muhammad SAW
-
2 Maret
2016 : Hari Raya Nyepi
-
21 Maret 2016 :
Wafat Isa Almasih
-
13 April
2016 : Tahun Baru Imlek Hari Raya Nyepi
-
27 Mei 2016 :
Isyra’ mi’rat Nabi Muhammad SAW
-
2 Juni 2015 : Hari Raya Waisyak
Untuk memperingati hari-hari besar
Nasional diperingati sesuai aturan yang berlaku dan Surat edaran Dinas
Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok.
Hari-hari Lingkungan Hidup
5 Oktober : Hari Habitat
5 November : Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional
10 Januari :
Hari Pencanangan gerakan sejuta pohon
2 Februari : Hari Lahan Basah
21 Februari :
Hari Sampah
20 Maret :
Hari Kehutanan Sedunia
23 Maert :
Hari Air Sedunia
22 April : Hari Bumi Sedunia
22 Mei : Hari Keanekaragaman Hayati
5 Juni : Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Untuk
memperingati hari-hari Lingkungan Hidup kegiatannya dikoordinir oleh Panitia
Adiwiyata SMPN 2 Gunung Talang dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan
tidak mengurangi jam efektif / tidak mengganggu PBM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jika kamu tidak mempunyai salah satu dari akun di komentar di bawah ini, kamu bisa berkomentar dengan menggunakan " Anonymous " dan tambahkan nama mu setelah komentar nya.